Jumlah Pengunjung

Minggu, 05 Juli 2020

SOAL DARING IPS



SOAL DARING IPS 


















PEMBELAJARAN JARAK JAUH BUKAN 

                  PEMBELAJARAN DARING

Penulis Wahyu Adityo Prodjo | Editor Wahyu Adityo Prodjo KOMPAS.com 

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Plt. PAUD Dikdasmen Kemendikbud), Hamid Muhammad mengatakan masyarakat Indonesia keliru tentang konsep Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Ia menegaskan PJJ tak sama dengan pembelajaran dalam jaringan ( daring). "Karena banyak orang menyamakan PJJ ini dengan pembelajaran daring," kata Hamid Pendalaman Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi COVID-19 secara virtual, Selasa (16/6/2020).
Menurutnya, PJJ dibagi menjadi dua jenis yaitu pembelajaran luar jaringan ( luring) dan pembelajaran daring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). "Pembelajaran daring ini dilakukan selama ini secara interaktif seperti Zoom, Google Meet. Itu salah satu (pembelajaran) yang kami sarankan agar ada interaksi antar guru dan murid di mana (catatannya) tak ada hambatan di gawai, internet, dan pulsa," kata Hamid.
Sementara, contoh LSM seperti Rumah Belajar milik Kemendikbud dan dari swasta seperti Ruang Guru dan Quipper. "Manakala ada hambatan pulsa, gawai, internet dan juga guru tak bisa mengintegrasikan. Itu tak harus online (daring). Ada pilihan luar jaringan," katanya.
Menurut Hamid, contoh penerapan pembelajaran luring yaitu melalui buku pegangan siswa dna guru. Menurutnya, saat PJJ ini guru bisa meminjamkan buku pembelajaran pegangan miliknya ke siswa. "Entah itu bisa dipinjamkan ke kelompok belajar atau diantarkan ke rumah siswa," ujarnya. Selain itu, pembelajaran luring juga termasuk mengakses lewat televisi dan radio. Pendidik bisa memanfaatkan program Belajar dari Rumah lewat TVRI jika memiliki akses televisi.

Berikut adalah contoh soal pembelajaran menggunakan google form, silakan dimodifikasi berdasarkan kebutuhan di sekolah, semoga bermanfaat.

KELAS VIII SEMESTER 2
1. Peran Pelaku Ekonomi (https://bit.ly/2pelakuekonomi)
2. Peran Pelaku Ekonomi 2 (https://bit.ly/2Pelaku_Ekonomi2)
3. PTS Peran Pelaku Ekonomi (https://bit.ly/2PTSPelakuEkonomi)

KELAS IX SEMESTER 1
1. Letak dan Luas Benua Asia (Tugas Proyek) (https://bit.ly/3Pelaku_ekonomi)
2. Letak dan Luas Benua Asia (LKS) https://bit.ly/3LetakdanluasBenua_Asia)
3.  Letak dan Luas Benua Asia (Pilihan Ganda) (https://bit.ly/LetakdanluasAsiaPG)
KELAS IX SEMESTER 2
1. Perdagangan Internasional (https://bit.ly/2PerdaganganInternasional)
2. Ekonomi Kreatif (https://bit.ly/2EkonomiKreatif)
3. Penilaian Tengah Semester (https://bit.ly/2PenilaianTengahSemester)
4. Latihan Soal Ujian (https://bit.ly/3LATIHANSOALUJIAN)

0 komentar:

Posting Komentar