Deseminasi : Sosialisasi Kegiatan PKG IPS (PPPPTK IPS)
Deseminasi kegiatan pelatihan Kompetensi Guru Berbasis Kebutuhan Siswa bagi guru mata pelajaran IPS yang diselenggarakan oleh (P4TK-PKn-IPS: 19-31 Agustus 2020).
Kali ini saya memilih mendesiminasikan melalui salah satu jenis deseminasi yakni: "Sosialisasi melalui media daring berkenaan dengan kondisi dan situasi COVID 19.
Adapun yang saya sosialisasikan berupa materi-materi terkait Kompetensi Guru Berbasis Kebutuhan Siswa selama mengikuti pelatihan, untuk LK bisa dijawab sebagai latihan dengan itu diharapkan Bapak/Ibu guru dapat memahaminya sehingga dapat diimplimentasikan di sekolah masing-masing, untuk modul Bapak/ibu bisa download link di bawah 👇👇👇👍
MODUL I
Perkembangan teknologi digital yang super cepat menjadi ciri utama dari kehidupan abad 21. Keadaan ini memberi pengaruh terhadap gaya hidup dan pola interaksi dalam masyarakat dunia. Sebagian pakar mengatakan bahwa abad 21 merupakan era transformasi intensif dimana dunia bisnis menjadi aktivitas global yang mensyaratkan angkatan kerja untuk menguasai pengetahuan, keterampilan, serta kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi, suatu kombinasi kemampuan yang tidak ditemukan pada era sebelumnya. Materi dapat diunduh pada link di bawah.
- PENGANTAR IPS TERPADU UNTUK KECAKAPAN ABAD 21
- KKO Ranah Pengetahuan,Sikap Keterampilan
- PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI GUNA MENDUKUNG
- Permendikbud No. 37 Tahun 2018_61. KI-KD
- Permendikbud_Tahun2016_Nomor023 PENILAIAN
PPT
- LITERASI
- PPT PENGANTAR IPS TERPADU UNTUK KECAKAPAN ABAD 21
setelah membaca MODUL 1 diatas diharapkan dapat membuat LK 1 berikut :
LK 1
- LK 1.1 PPK dan Wawasan Kebangsaan
- LK 1.3 PENGANTAR IPS TERPADU UNTUK KECAKAPAN ABAD 21
MODUL II
- DESAIN PEMBELAJARAN (PENDEKATANMODEL PEMBELAJARAN)
LK 2
MODUL III
Dalam kaitanya dengan guru, media pembelajaran adalah suatu perantara yang digunakan oleh guru untuk menyalurkan pesan atau informasi kepada peserta didiknya sehingga peserta didik tersebut dapat terangsang ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. Dapat dikatakan pula media pembelajaran dapat memudahkan peserta didik untuk menerima pembelajaran yang disampaikan guru. Materi dapat diunduh pada link di bawah.
- PPT Inovasi Media Pembelajaran
LK 3
- LK 3.1 Inovasi Media Pembelajaran
MODUL IV
Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian, penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik . Penilaian proses dan hasil belajar dilaksanakan untuk mengetahui apakah tujuan-tujuan pembelajaran telah dapat dicapai oleh peserta didik (Arikunto, 2010). Dalam kurikulum berbasis kompetensi yang diterapkan saat ini, penilaian dilakukan untuk mengetahui ketercapaian KI dan KD yang pada akhirnya digunakan sebagai dasar untuk menentukan ketercapaian standar kompetensi lulusan. Materi dapat diunduh pada link di bawah.
- Pengembangan Instrumen Penilaian
- PPT Pengembangan Instrumen Penilaian
LK 4
REFLEKSI
0 komentar:
Posting Komentar