Jumlah Pengunjung

Minggu, 20 September 2020

Kompetensi Guru Berbasis Kebutuhan Siswa

Deseminasi : Sosialisasi Kegiatan PKG IPS (PPPPTK IPS)


Deseminasi kegiatan pelatihan Kompetensi Guru Berbasis Kebutuhan Siswa bagi guru mata pelajaran IPS yang diselenggarakan oleh (P4TK-PKn-IPS: 19-31 Agustus 2020). 


Kali ini saya memilih mendesiminasikan melalui salah satu jenis deseminasi yakni: "Sosialisasi melalui media daring berkenaan dengan kondisi dan situasi COVID 19. 

Adapun yang saya sosialisasikan berupa materi-materi terkait Kompetensi Guru Berbasis Kebutuhan Siswa selama mengikuti pelatihan, untuk LK bisa dijawab sebagai latihan dengan itu diharapkan Bapak/Ibu guru dapat memahaminya sehingga dapat diimplimentasikan di sekolah masing-masing, untuk modul  Bapak/ibu bisa download link di bawah 👇👇👇👍

MODUL I

Perkembangan teknologi digital yang super cepat menjadi ciri utama dari kehidupan abad 21. Keadaan ini memberi pengaruh terhadap gaya hidup dan pola interaksi dalam masyarakat dunia. Sebagian pakar mengatakan bahwa abad 21 merupakan era transformasi intensif dimana dunia bisnis menjadi aktivitas global yang mensyaratkan angkatan kerja untuk menguasai pengetahuan, keterampilan, serta kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi, suatu kombinasi kemampuan yang tidak ditemukan pada era sebelumnya. Materi dapat diunduh pada link di bawah.

-  PENGANTAR IPS TERPADU UNTUK KECAKAPAN ABAD 21

-  KKO Ranah Pengetahuan,Sikap Keterampilan

-  MODUL PPK DAN WASBANG 

-  PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI GUNA MENDUKUNG 

    PEMBELAJARAN DITENGAH PANDEMI

-   Permendikbud No. 37 Tahun 2018_61. KI-KD

-   Permendikbud_Tahun2016_Nomor023 PENILAIAN

PPT

-   LITERASI

-   PPT PENGANTAR IPS TERPADU UNTUK KECAKAPAN ABAD 21

-  PPT PPK DAN WASBANG

setelah membaca MODUL 1 diatas diharapkan dapat membuat LK 1 berikut :

LK 1

-   LK 1.1 PPK dan Wawasan Kebangsaan

-  LK 1.2 Literasi

-  LK 1.3 PENGANTAR IPS TERPADU UNTUK KECAKAPAN ABAD 21

-  LK 1. TIK


MODUL II


Situasi belajar seperti pada gambar inilah yang mengantarkan peserta didik pada pembelajaran yang lebih bermakna melalui pengalaman yang dibangun melalui proses belajar aktif dengan melakukan, mengamati, maupun bertukar pikiran dengan rekan sesamanya.Makna belajar bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep atau prinsip saja tetapi juga proses penemuan melalui pengamatan langsung. Materi dapat diunduh pada link di bawah.

-  DESAIN PEMBELAJARAN (PENDEKATANMODEL PEMBELAJARAN)

-  DESAIN PEMBELAJARAN

LK 2

2.1 Desain Pembelajaran


MODUL III


Dalam kaitanya dengan guru, media pembelajaran adalah suatu perantara yang digunakan oleh guru untuk menyalurkan pesan atau informasi kepada peserta didiknya sehingga peserta didik tersebut dapat terangsang ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. Dapat dikatakan pula media pembelajaran dapat memudahkan peserta didik untuk menerima pembelajaran yang disampaikan guru.  Materi dapat diunduh pada link di bawah.

-  INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN

-  PPT Inovasi Media Pembelajaran

LK 3 

LK 3.1 Inovasi Media Pembelajaran


MODUL IV

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian, penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik . Penilaian proses dan hasil belajar dilaksanakan untuk mengetahui apakah tujuan-tujuan pembelajaran telah dapat dicapai oleh peserta didik  (Arikunto, 2010). Dalam kurikulum berbasis kompetensi yang diterapkan saat ini, penilaian dilakukan untuk mengetahui ketercapaian KI dan KD yang pada akhirnya digunakan sebagai dasar untuk menentukan ketercapaian standar kompetensi lulusan.  Materi dapat diunduh pada link di bawah. 

-  Pengembangan Instrumen Penilaian

PPT Pengembangan Instrumen Penilaian

LK 4 

4.1 Pilihan Ganda

4.2 Uraian

4.3 Non Tes

REFLEKSI 

TINDAK LANJUT


TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

(I DEWA GEDE ALIT RAI BAWA)

0 komentar:

Posting Komentar